Jumat, 09 Oktober 2020

5 Rekomendasi Objek Wisata Terbaik Kabupaten Sumbawa Barat

        Hayo siapa dari kalian yang sudah bosan banget di rumah selama beberapa bulan ini? Sabar ya guys, karena masih dalam masa pandemi seperti sekarang ini kita harus menaati protokol kesehatan yang berlaku, ingat selalu pakai masker, rajin cuci tangan, dan nggak keluar keluar rumah kalau nggak ada yang penting-penting amat. 

        Nah buat mengisi waktu dan mengusir kebosanan kalian, kali ini aku ajakin kalian jalan-jalan ke salah satu kabupaten kecil yang memiliki pemandangan cantik banget yang terletak di tengah Indonesia yuk, kita kenalan aja dulu siapa tau nanti selesai pandemi ini kalian berkesempatan jalan-jalan ke sini kan ya.

    





        Kali ini kita akan jalan-jalan ke Kabupaten Sumbawa Barat atau dikenal juga dengan bumi Pariri Lema Bariri , sebuah kabupaten kecil di ujung barat Pulau Sumbawa. Kabupaten Sumbawa Barat merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Sumbawa yang berdiri pada tanggal 18 Desember 2003. Meskipun kecil, objek wisata di Kabupaten Sumbawa Barat memiliki pesona yang tak kalah menawan dengan tempat wisata di Bali maupun di Lombok lho, itulah mengapa sekarang banyak turis asing mulai beranjak meninggalkan Lombok dan beralih ke Pulau Sumbawa, khususnya Kabupaten Sumbawa Barat. 

     Berikut beberapa rekomendasi objek wisata yang wajib banget kamu kunjungi kalau kamu berkesempatan mengunjungi Kabupaten Sumbawa Barat,

 

1. Pulau Kenawa

          




        Objek wisata pertama berupa pulau kecil berpemandangan indah luar biasa di Kabupaten Sumbawa Barat adalah Pulau Kenawa. Pulau ini akhir-akhir ini sudah mulai banyak dilirik oleh traveller traveller dari dalam maupun mancanegara dan menjadi salah satu tempat wisata primadona di Kabupaten Sumbawa Barat. Pulau ini terletak dekat dengan pelabuhan penyebrangan Poto Tano, jika kalian melakukan perjalanan dari Lombok, tempat yang kalian tuju pertama yaitu pelabuhan penyebrangan Kayangan yang terletak di Kabupaten Lombok Timur menuju Pelabuhan penyebrangan Poto Tano yang terletak di Kabupaten Sumbawa Barat, penyebrangan menggunakan kapal ferry yang memakan waktu sekitar 2 jam, oh ya tenang saja kapal ferry dari lombok ke sumbawa ada terus selama 24 jam kok jadi kalian tak perlu khawatir akan kehabisan kapal.





Pelabuhan penyebrangan menuju Pulau Kenawa tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Poto Tano, disana banyak nelayan yang menawarkan jasa untuk antar jemput penumpang ke Pulau Kenawa dengan tarif normal 1 kapal Rp 250.000,00 dan bisa muat sampai 10 orang, murah banget kan ya. di pulau ini kalian juga bisa banget untuk camping di pulau yang disebut dengan The Hidden Paradise ini, tapi jangan lupa bawa perbekalan yang cukup ya karena disana kalau nggak hari libur ya nggak ada yang jualan, jangan lupa juga bawa persediaan air putih yang cukup banyak, dan jangan lupa bawa pulang sampahmu ya alias gak boleh buang sampah sembarangan :)

 

2. Bukit Mantar

          


        Rekomendasi tempat wisata selanjutnya di Kabupaten Sumbawa Barat adalah Bukit Mantar, Bukit yang memiliki ketinggian sekitar 630 mdpl ini memiliki pemandangan yang sangat mempesona yaitu dari puncaknya bisa terlihat petak-petak sawah yang indah, petak-petak tambak udang yang tertata rapi, selat alas yang mempunyai warna biru lazuardi, pelabuhan Poto Tano dengan barisan kapalnya dan juga samar-samar terlihat Gunung Rinjani yang gagah. Jalan menuju puncak Bukit Mantar ini cukup menantang adrenalin ya teman, hal ini karena jalan cukup sempit, berliku dan lumayan menanjak, tapi tenang saja, itu semua akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa saat sampai di puncak Bukit Mantar. 

Bukit Mantar yang pernah digunakan untuk lokasi shooting film lama berjudul Serdadu Kumbang ini juga sering disebut dengan "Negeri di atas awan" , bukan tanpa alasan ya, sebab jika kamu berkesempatan camping disini, saat pagi dari puncak bukit mantar kamu akan disuguhi kepulan awan tebal yang seperti membentuk lautan di bawahmu. datanglah berkunjung kesini pasti kalian akan terpesona dengan pemandangan di bukit cantik ini.




         Oh ya selain pemandangannya yang sangat indah yang terlihat dari puncak mantar, Bukit mantar ini juga sudah berkali-kali dijadikan sebagai tempat untuk diadakan festival paralayang internasional lho, yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara seperti Australia, Jerman, China, Finlandia, Malaysia, dll. jadi ayo kita berkunjung ke mantar, selain pemadangan indah yang kalian dapat kalau beruntung bisa lihat mas mas bule ganteng lagi main paralayang juga :)




3. Pantai Lawar

                        




         Nah setelah tadi jalan-jalan ke bukit sekarang yuk kita jalan-jalan ke pantai. Salah satu objek wisata pantai yang menurutku paling indah di Kabupaten Sumbawa Barat adalah Pantai Lawar, pantai yang terletak di Kecamatan Sekongkang ini lokasinya cukup jauh dari pusat kota Taliwang, lokasinya yang cukup tersembunyi juga menjadikan pantai yang berpasir putih ini cukup sepi pengunjung, sehingga saat kalian kesini, kalian akan merasa seakan akan punya pantai pribadi. Pantai Lawar ini juga menjadi destinasi favorit untuk camping ground lho, bagi kalian yang mau menikmati desiran ombak dipadu dengan lembutnya pasir putih dan birunya laut ayo boleh banget coba camping disini. Oh iya, selain keindahan lautnya, pantai lawar ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat sunset di Kabupaten Sumbawa Barat.




4. Pantai Virgin

                




           Objek wisata selanjutnya masih berupa pantai, salah pantai yang belum banyak orang tahu dan belum banyak didatangi oleh turis adalah pantai virgin atau sering juga disebut pantai perawan. nah untuk masalah penamaan kenapa dinamakan pantai virgin mungkin karena pantainya masih bener-bener alami kayak perawan ya😅. Pantai perawan ini terletak tidak jauh dari pantai kertasari, sekitar 3 KM ke arah barat dari pantai kertasari. pantai ini masih jarang sekali dikunjungi orang karena selain lokasinya yang tersembunyi, akses menuju pantai ini juga bisa dibilang lumayan susah. untuk menuju pantai ini ada disediakan jalan setapak di samping perkebunan warga yang hanya muat 1 motor, dan itupun jalannya cukup terjal, tapiiiii... begitu sampai di pantainya, kalian pasti akan terkagum-kagum melihat keindahannya. garis pantainya lebar, pasirnya seputih kapas, dan warna air lautnya juga indah, ini objek wisata yang harus kalian kunjungi kalau berkesempatan berwisata ke Sumbawa Barat.

5. Air Terjun Kalela




           Selain memiliki objek wisata pantai yang menawan, Kabupaten Sumbawa Barat juga memiliki objek wisata air terjun yang cukup terkenal akan keindahannya, yaitu Air terjun kalela. Air Terjun Kalela berlokasi di Kecamatan Jereweh berjarak sekitar 18 KM dari pusat kota Taliwang (ibu kota Kabupaten Sumbawa Barat). Akses menuju ke air terjun ini hanya bisa di tempuh dengan kendaraan roda dua karena jalan yang masih sempit dan berada di sekitar persawahan warga. Air Terjun Kalela terletak di sebuah tebing batu berundak-undak dan berongga mirip gua, di atas tebingnya masih ada beberapa pohon tinggi menjulang yang menciptakan kesan agak serem, tapi tetap eksotis. 

       di bawah air terjun merupakan sebuah kolam besar yang berwarna hijau. aktivitas berenang boleh lho dilakukan karena tak ada arusnya, jadi kalian akan berasa berenang di kolam renang alam langsung😊. Selain berenang kalian juga bisa merasakan guyuran langsung di bawah air terjun ini, sensasinya enak banget kayak lagi di pijet pijet gitu. jadi selain mata kita seger badan juga seger, hehe. oh iya, bagi kalian yang ingin memacu adrenalin kalian juga bisa melompat ke dalam air dari atas tebing, tapi pastikan dulu ya dibawahnya nggak ada batu.


        Nah itu tadi 5 rekomendasi tempat wisata paling menarik di Kabupaten Sumbawa Barat, semoga suatu saat kalian bisa berkunjung kesini ya. sedikit nambahin nih aku semangat banget nulis ini setelah ikutan Kelas Blog Ruang Aksara yang diadain oleh mbak Dewi Rieka, kalian juga bisa ikut keseruannya lho, cus kepoin Ruang Aksara

 



17 komentar:

  1. Pemandangannya cantik bangeeet..semoga ada rezeki ya bisa main ke sana hehe dan ketemu dirimuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. ditunggu mbak, dah siap jadi guide :)

      Hapus
  2. Asik kayanya ya ke Sumbawa, huhu ga sabar juga pengen jalan-jalan setelah pandemi. Asik gitu camping di pulau...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbaak main kesini klo dah kelas pandemi, aku siap jadi guide :)

      Hapus
  3. MasyaaAllah cantik bangeet mba. Jadi ngiler pengen liburan lagi euy😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. aslinya lebih cantik mbak, semoga ada rejeki main sini yaa.. aamiin

      Hapus
  4. Check list Sumbawa kalau pandemi sudah berakhir :)

    BalasHapus
  5. Wow... Dari fotonya saja sudah menggiurkan untuk didatangi Mbak. Apalagi langitnya yang terlihat biru bersih banget, jadi pengen cepet-cepet bisa liburaaan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak beda banget emang langitnya di Indonesia bagian tengah sama timur, semoga ada rejeki bisa main kesini ya mbak :)

      Hapus
  6. Waah.. Makasih ulasan tempat wisata ya yaa.. Jadi kenal Sumbawa lebih luas rasa nya..
    Sumbawa on my bucket-list.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku siap jadi guide mbak, semoga ada rejeki main kesini ya.. aamiin :)

      Hapus
  7. cantik2 fotonya Mbak, semoga nanti ada rejeki sampai sana ya Mbak..makasih infonya ya..

    BalasHapus
  8. kayaknya bisa jadi salah satu wishlist, semoga ada rezekinyaa... terima kasih mba info-infonya jadi kebayang pantai-pantainyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. semoga terealisasi ya mbak, aku siap jadi guide nya :)

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus