Sabtu, 21 November 2020

4 Aplikasi Media Sosial yang Hits Pada Masanya

            
4 aplikasi Media Sosial yang Hits Pada Masanya
Sosial Media _ Doc. Google

            Pada masa sekarang ini diakui atau tidak diakui sosoial media sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kaum-kaum milenial. Dari pagi sampai pagi lagi selama 24 jam tak lelah mata berkedip memantau aplikasi sosial medianya, bahkan nih ya ada yang lima menit saja tak buka sosial media sudah merasa seperti berabad-abad. 

            Bagi kalian anak gaul dan hits pasti tidak asing lagi dengan media sosial seperti facebook, instagram, twitter, youtube, tinder ataupun aplikasi joget-joget tiktok. namun tahukah kalian ada beberapa aplikasi yang sangat hits dan terkenal ada masanya namun sekarang sudah ditutup?
            Nah berikut adalah beberapa aplikasi media sosial yang sangat hits pada jamannya dan sudah tidak beroperasi lagi. 
1. friendster 
4 aplikasi Media Sosial yang Hits Pada Masanya
Friendster - Doc. Google

            Sosial media yang satu ini asyik banget pada masanya. Friendster dibuat oleh seorang programmer asal Kanada bernama Jonathan Abrams pada tahun 2002. Friendster terbilang sukses di masanya karena memiliki fitur-fitur andalan seperti "Testimoni" yang dapat digunakan untuk memberi pesan dan kesan dengan sesama pengguna, selain itu dengan menggunakan CSS (Cascading Style Sheets) pengguna bisa mempermak habis-habisan halaman friendsternya seperti membuat background kerlap kerlip, atau membuat background halaman menggunakan artis idola kala itu, oh iya jangan lupa friendster juga mempunyai fitur kesayangan yaitu kamu dapat melihat siapa saja yang mengintip halaman friendstermu. 
            Sayangnya kenang-kenangan friendster telah hilang, selepas pamor situsweb tersebut turun, friendster kemudian dijual pada perusahaan asal Malaysia bernama MOL Global pada tahun 2009 seharga $40 juta. dan kini Friendster berubah menjadi situs web game online.

2. mIRC

4 aplikasi Media Sosial yang Hits Pada Masanya
Doc. Google


            Adakah anak gaul 2000an yang nggak kenal mIRC? mIRC begitu terkenal pada jamannya, buktinya setiap ke warung internet, aplikasi mIRC selalu nongkrong di dekstop-dekstop warnet tersebut. bisa dikatakan mIRC adalah bentuk awal dari media sosial. mIRC merupakan perangkat lunak berbayar untuk Internet Relay Chat atau percakapan daring yang beroperasi di sistem operasi windows. mIRC diciptakan oleh Khaled Mardam-Bey pada tahun 1995. 
            Aplikasi mIRC sangat berbeda dengan aplikasi whatsapp, line, dkk. Aplikasi mIRC  digandrungi kala itu karena menawarkan layanan chatting  dengan orang yang tidak dikenal alias untuk mencari teman baru. Untuk para pengguna baru apabila belum memilki teman di mIRC, dapat bergabung ke channel tertentu. nama channel biasanya berkaitan dengan topik perbincangan contohnya, mahasiswa jogja, anak kost, anak UGM, dll. Nah perbincangan yang terkesan random dengan orang baru yang tidak dikenal ini justru menjadi kelebihan dari mIRC. Oh ya, mIRC ini juga pernah mempopulerkan bahasa slang internet seperti ASL PLS yang sangat terkenal pada masa itu.
            Sayangnya kejayaan mIRC tak bertahan lama tergerus dengan hadirnya layanan-layanan chatting baru seperti Yahoo Messenger. saat ini mIRC masih bisa diunduh langsung melalui situs resminya secara gratis, namun pengguna harus membayar sekitar $20 untuk lisensinya yang berlaku seumur hidup.

3. Yahoo! Messenger
4 aplikasi Media Sosial yang Hits Pada Masanya
Doc. Google


             Yahoo! Messenger atau lebih dikenal dengan YM pernah menjadi salah satu aplikasi favorit jutaan orang pada masanya. aplikasi chatting instan ini disediakan oleh yahoo!, pengguna dapat mengakses gratis menggunakan yahoo!ID yang dapat digunakan untuk mengakses layanan yahoo! lainnya seperti yahoo!mail. Remaja 2000-an pasti pernah mempunyai email yang domainnya yahoo.com.
             YM memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan instan antara teman yang sednag online, file transfer, panggilan bicara PC ke PC, layanan webcam hosting, dan chat rooms yang memungkinkan banyak orang bercakap-cakap dalam satu rooms tertentu. dan ini merupakan aplikasi pertama yang menyediakan layanan panggilan suara. 
             Namun sayangnya nasib YM pun harus berakhir tragis, layanan Yahoo! Messenger resmi dihentikan per 17 Jui 2018 dan diringii dengan hastag #Yahoomessenger yang trending di twitter.

4. Path
4 aplikasi Media Sosial yang Hits Pada Masanya
Doc. Google

             Layaknya Facebook ataupun twitter, Path adalah layanan jejaring sosial tempat berbagi pesan dan gambar. Namun yang berbeda dan lebih menarik dari path adalah jumlah teman yang ditambahkan akan dibatasi hanya 150 orang saja pada awalnya, kemudian diperluas menjadi 500 kontak, sehingga isinya benar-benar privat karena hanya orang-orang terdekat dalam circle kita saja. 
             Path juga mempunyai fitur-fitur menarik lainnya seperti kita dapat melihat siapa saja yang sudah meihat pembaharuan yang kita bagi, selain itu kita dapat update check in lokasi yang sedang kita datangi, ataupun update lagu yang sedang kita dengarkan, pada masanya fitur ini menjadi kesayangan banget nih biar si doi peka apa yang lagi kita rasakan, hahaha.
            Sayangnya Path secara resmi mengumumkan menutup layanannya pada 18 Oktober 2018 yang diketahui memlalui cuitan akun @wowadawit pada jumat (14/9/2018) pukul 16:53 WIB : " We deeply regret to inform you that path will be stop running. Please visit this site for more details restore/refund process".
                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar