Jumat, 20 November 2020

Kersen si Buah Kesukaan Sejuta Umat yang Kaya Manfaat

                

Kersen si Buah Kesukaan Sejuta Umat yang Kaya Manfaat
Buah Kersen - dokumentasi pribadi 

            Ada yang pernah lihat buah ini, atau bahkan cinta banget sama buah ini? berarti kita sama, haha. Si kecil merah manis yang memiliki nama ilmiah muntingia calabura L ini banyak sekali nama sebutannya, di jawa tengah disebut kersen, di daerah jogja dikenal dengan talok, di sunda disebut ceri, di madura lebih dikenal dengan beleci, dan di sumbawa dikenal dengan nama anggur hutan. 

        Buah kersen banyak sekali tumbuh liar di Indonesia. Buah ini dapat tumbuh dimana saja, walaupun di tanah yang kurang subur sekalipun karena pohon ini tahan terhadap iklim yang kering, namun tidak toleran terhadap garam. Pohon buah kersen akan berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim, biasanya pohon kersen menjadi favorit anak-anak kecil yang mencari buahnya.
       Pohon tanamannya yang rindang juga bermanfaat untuk berteduh, biasanya tanaman kersen dianggap Tidak bernilai padahal sebenarnya banyak sekali manfaat dari pohon kersen ini dari mulai daun sampai buahnya loh, apa aja sih manfaatnya, yuk cekidot.

Berikut sejumlah manfaat buah kersen bagi kesehatan

1. Mengandung vitamin C dalam jumlah besar
           
             Tahukah kalian dalam setiaap 100 gram buah kersen setara dengan 150 mg vitamin C lho. Vitamin C ini penting banget nih di konsumsi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, karena dapat mengobati flu dan pilek. menurut penelitian mengkonsumsi vitain C saat flu dapat mempersingkat durasi penyakit hingga 8 persen pada orang dewasa dan 14 persen pada anak-anak

2. Melancarkan peredaran darah

               Orang yang sering terkena gejala sakit kepala biasanya disebabkan peredaran darahnya kurang lancar, nah agar peredaran darahmu lancar salah satunya bisa dengan konsumsi buah kersen ini.

3. Menjaga gula darah tetap rendah

            Rasa manis pada buah kersen adalah rasa manis alami dan bukan pemanis buatan, sehingga aman untuk penderita diabetes. Pada sebuha penelitian bahkan dijelaskan bahwa penurunan gula darah terjadi cukup signifikan setelah mengkonsumsi ekstrak buah kersen.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

             Dalam buah kersen terdapat kandungan nitric oxide yang bisa mengatasi masalah tekanan darah tinggi. kandungan ini mampu bekerja untuk melemaskan pembuluh darah, sehingga dapat mengalir dengan lancar dan secara langsung dapat menurunkan tekanan darah

5. Sumber antioksidan

             Antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Buah kersen memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. pada buah kersen memiliki kurang lebih 24 senyawa flavonoid dan fenonil di dalamnya. hal ini menandakan bahwa buah kersen kaya akan antioksidan. 

6.  Menjaga Kesehatan Pencernaan

            Manfaat buah kersen lainnya adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan, gangguan pencernaan yang paing umum terjadi adalah maagh. Buah kersen memiliki sigar anti-inflamasi sehingga dapat dimanfaatk untuk mencegah dan mengobati perasalahan pada lambung, selain itu menurut penelitian buah kersen juga dapat menetralkan asam lambung dan melindungi mukosa lambung. 

7. Mengurangi rasa sakit asam urat

            Bagi penderita asam urat pasti kerap merasakan rasa nyeri yang hebat. Nah, untuk mengurangi rasa sakitnya salah satunya bisa dengan cara konsumsi buah kersen, bukan hanya buahnya saja tetapi kamu juga bisa memanfaatkan daun buah kersen. Caranya, rebus daun kersen selama beberapa menit, kemudian dinginkan dan ambil sari airnya. sari air daun kersen ini harus dikonsumsi rutin setiap hari.

8. Membantu meredakan nyeri

           Selain buahnya ternyata daun buah kersen juga bisa kita manfaatkan untuk meredakan rasa nyeri. Daun buah kersen memiliki sifat antinosiseptif yang dapat menurunkan sensitivitas terhadap stimulus nyeri. kandungan lainnya seperti vitamin C dan flavonoid juga membantu dalam meredakan rasa nyeri. 

        Nah itu tadi berbagai manfaat dari tanaman buah kersen yang harus kalian tau, ternyata banyak sekali ya manfaat si manis imut-imut ini. Oh ya walaupun banyak manfaatnya tapi ingat ya kalian tidak boleh konsumsi buah kersen dalam jumlah yang berlebihan, karena sesuatu yang dikonsumsi terlalu berlebihan juga tidak bagus untuk tubuh kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar